Cara Mencetak Dokumen Menjadi Buku Bolak Balik

Friday, March 31, 2017

Mungkin sebagian dari kita masih belum mengetahui sepenuhnya mengenai hal cetak mencetak dokumen. Yah, hal ini wajar karena kebiasaan kita adalah melakukan dan mengetahui segala sesuatu ketika membutuhkan saja. Bagaimana jika
kita belum atau bahkan tidak membutuhkan sama sekali? Maka pengetahuan cetak mencetak dokumen tidak akan kita ketahui, bahkan mungkin saja pengetahuan yang lain pun seperti itu kecuali tanpa kesengajaan, misalnya kita dapat ilmu dari pendidikan baik formal maupun non formal, pengalaman tanpa unsur kesengajaan (bukan karena niat dari awal).

Bagi sahabat yang suka membaca buku ataupun bentuk informasi dan pengetahuan lain hal seperti di atas tidaklah berlaku. Mengapa? Karena seorang kutu buku akan selalu mencari berbagai informasi baik dalam bentuk buku, artikel, koran, majalah, maupun bentuk lain. Apalagi seorang kutu buku perkembangan teknologi dan informasi, hal tersebut di atas tentu tidak menjadi alasan.

Dokumen baik dalam bentuk WORD, EXCEL, PPT, PDF, maupun berbentuk format yang lain, jika disajikan dalam bentuk halaman dapatlah kita cetak menggunakan alat pencetak. Seiring dengan perkembangan teknologi, alat pencetak memiliki keberagaman mulai berbagai jenis printer, fotokopi, alat percetakan ataupun yang lain. Cara mencetak pun dapat dilakukan dengan berbagai cara sehingga akan menghasilkan cetakan yang berbeda juga.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu pengetahuan tentang mencetak dokumen yaitu mencetak dokumen menjadi sebuah buku yang dicetak secara bolak-balik. Dalam ulasan ini, contoh yang digunakan adalah mencetak dokumen menjadi buku bolak-balik menggunakan Printer Canon IP2770. Bagaimana caranya?


Pertama, Siapkan dokumen berbentuk PDF atau WORD atau yang lain, minimal 10 halaman. Mengapa minimal 10 halaman? Karena agar lebih jelas hasilnya nanti menjadi sebuah buku. Jika dokumen yang akan kita cetak berjumlah kurang dari 10 halaman, hasil cetak dalam bentuk buku akan kurang jelas karena minimnya jumlah halaman.



Selanjutnya, buka dokumen dan lakukan cetak dengan menekan tombol Print. Setelah muncul halaman Print, pilih printer Canon IP2770 atau sesuaikan printer yang sahabat pakai kemudian pilih Properties. Pilih Page From (nomor 2) untuk menentukan halaman yang akan dicetak (jika tidak semua halaman).

Di halaman Properties (dalam hal ini Canon IP2770) sahabat pilih Menu Page Setup kemudian pilih Page Size (ukuran halaman), Portrait / Landscape (halaman berdiri atau memanjang), Printer Paper Size (ukuran kertas printer). Setelah itu, pada pilihan Page Layout sahabat pilih BOOKLET.

Kemudian pilih tombol Specify untuk mengatur batas margin dan arah membaca buku (dibuka ke kiri atau ke kanan).

Selanjutnya, lakukan cetak dokumen dengan menekan tombol OK dan tunggu sampai muncul informasi untuk membalikkan kertas.

Setelah muncul perintah untuk membalikkan kertas, ambil dokumen hasil cetak, kemudian dibalik (halaman kosong di depan) kemudian masukkan ke dalam printer kembali untuk mencetak sisi bagian belakang. Perhatikan gambar untuk mengetahui bagaimana cara membalik dan memasang dokumen hasil cetak pertama ke dalam printer.

Lihat hasilnya, buku sudah jadi dengan halaman bolak-balik yang berurutan. Sahabat tinggal menjilidnya saja. Untuk cover, sahabat dapat membuatnya baik sebelum mencetak dokumen atau sesudahnya. Mudahkan?

Demikian ulasan singkat mengenai cara mencetak dokumen menjadi buku bolak-balik. Semoga ulasan singkat ini memberikan manfaat bagi semua sahabat pembaca setia. Kritik, saran, tanggapan dan pertanyaan dapat dikirimkan melalui komentar. Terima kasih.

sumber: http://suruhbelajar.blogspot.com

About This Blog

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Visitor

Blogging by 4visited  © 2015

Back to TOP